PENGUKURAN WAKTU kelas 2 SD
MATERI
KELAS II
PENGUKURAN
WAKTU
a. Membaca dan menulis tanda
waktu
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu
·
Menentukan
alat ukur
·
Mengenal
bagian-bagian jam analog
·
Membaca
waktu yang ditunjukkan jam analog
·
Menulis
tanda waktu yang ditunjukkan jam dinding
disekitar kita banyak alat untuk
mengukur wakyu. misalnya jam dan stopwach. pada umumnya alat yang
sering digunakan adalah jam
ada 2 model jam, yaitu jam digital dan jam analog.
ada 2 model jam, yaitu jam digital dan jam analog.
jam analog adalah jam yang
menggunakan jarum untuk menunjukkan waktu. jarum menunjuk pada angka-angka yang
terletak pada jam
jam digital adalah jam yang menggunakan angka-angka.
angka-angka tersebut menunjukkan waktu.
jam digital adalah jam yang menggunakan angka-angka.
angka-angka tersebut menunjukkan waktu.
jam analog
jam digital
pada jam analog terdapat 2 jarum jarum pendek menunjukkan satuan jam dan jarum panjang menunjukkan satuan menit.
pada jam analog terdapat 2 jarum jarum pendek menunjukkan satuan jam dan jarum panjang menunjukkan satuan menit.
jarum panjang berputar satu kali putaran selama 1 jam
jarum pendek bergerak satu angka selama 1 jam
> membaca dan menulis tanda waktu
jarum pendek bergerak satu angka selama 1 jam
> membaca dan menulis tanda waktu
jarum pendek menunjukkan angka 1
jarum panjang menunjukkan angka 12
dibaca : pukul 1
ditulis: pukul 1 atau pukul 01.00
dibaca: pukul tujuh
ditulis : pukul 7 atau pukul 07.00
ditulis : pukul 7 atau pukul 07.00
Ayo, membaca dan menulis tanda
waktu
paman pergi ke sawah ketika jam menunjukkan seperti gambar berikut
paman pergi ke sawah ketika jam menunjukkan seperti gambar berikut
jarum pendek menunjuk angka . . .
jarum pendek menunjuk angka ...
jam menunjukkan pukul ... pagi
jadi, paman pergi ke sawah pukul...
B. Menyatakan lama waktu
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu
menunjukkan lama waktu dengan
satuan jam
menentukan waktu sebelum dan
sesuadah
menentukan waktu akhir jika lama
dan waktu awal diketahui
menentukan waktu awal jika lama
waktu dan waktu akhir diketahui
1. Menentukan lama
waktu
perhatikan cerita berikut
pada hari minggu diadakan hotong royong. paman dan Adi ikut gotong royong. paman membawa cangku;, dan Adi membawa sabit. Paman dan Adi berangkat pada pukul 7 pagi. gotong royong selesai pada pukul 10 siang. berapa lama gotong royong dilaksanakan ?
ayo, kita jawab!
perhatikan cerita berikut
pada hari minggu diadakan hotong royong. paman dan Adi ikut gotong royong. paman membawa cangku;, dan Adi membawa sabit. Paman dan Adi berangkat pada pukul 7 pagi. gotong royong selesai pada pukul 10 siang. berapa lama gotong royong dilaksanakan ?
ayo, kita jawab!
mulai gotong royong
selesai gotong royong
dari kedua gambar diatas menunjukkan perubahan waktu dari angka 7 ke angka 10 adalah 3 angka
ini berarti
lama wqaktu = waktu berakhirnya kegiatan - waktu mulainya kegiatan
menentukan lama waktu gotong royong
lama waktu = 10 - 7
= 3
jadi, lama waktu gotong royong adalah 3 jam
2. menentukan waktu sebelum dan waktu sesudah
suatu pertunjukkan dimulai pukul 8 malam. pertunjukkan akan berlangsung selama 2 jam. pukul berapa pertunjukkan akan selesai?
pertunjukan dimulai = pukul 8
lama pertunjukkan = 2 jam
pertunjukkan selesai = 8 + 2 = 10
ajdi, pertunjukkan selesai pukul 10 malam
berapa lamanya sih?
david kerja pukul 7 pagi.
david pulang kerja pukul 4 sore
berapa lama david bekerja?
lama pertunjukkan = 2 jam
pertunjukkan selesai = 8 + 2 = 10
ajdi, pertunjukkan selesai pukul 10 malam
berapa lamanya sih?
david kerja pukul 7 pagi.
david pulang kerja pukul 4 sore
berapa lama david bekerja?
PENGUKURAN BERAT
A. mengukur panjang dengan satuan tidak baku
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu
A. mengukur panjang dengan satuan tidak baku
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu
·
menyebutkan alat ukur tidak baku
·
mengukur menggunakan jengkal
·
mengukur menggunakan depa
·
mengukur menggunakan telapak kai
·
mengukur mengunakan langkah dan
·
membandingkan panjang benda
sebelum mengukur panjag, mari membandingkan panjang
benda. benda dapat dibandingkan dengan kata lebih panjang, lebih pendek, atay
sama panjang.
misalnya:
misalnya:
Spidol sama
panjang dengan pensil
mengukur panjang dengan satuan tidak baku
panjang benda, tinggi benda atau ketebalan benda dapat diuur
kamu dapat mengukur menggunakan satuan tidak baku, seperti berikut
mengukur panjang dengan satuan tidak baku
panjang benda, tinggi benda atau ketebalan benda dapat diuur
kamu dapat mengukur menggunakan satuan tidak baku, seperti berikut
1
batang pensil
B. mengukur panjag dengan satuan baku
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu
·
menyebutkan alat-alat ukur yang
memiliki satuan baku (cm, m)
·
mengukur panjang benda menggunakan
penggaris
·
mengukur panjang benda menggunakan
·
menentukan hasil pengukuran panjang
alat ukur panjang tidak baku kadang kurang
tepat.setiap ukuran yang digunakan juga tidak sama.
misalnya satu jengkal anal-anak tidak sama dengan satu jengkal orang dewasa.
oleh karena itu, digunakan alat ukur panjang dengan satuan baku
ada beberapa alat ukur panjang baku
antara lain penggaris, rol meter, dan pita meter
misalnya satu jengkal anal-anak tidak sama dengan satu jengkal orang dewasa.
oleh karena itu, digunakan alat ukur panjang dengan satuan baku
ada beberapa alat ukur panjang baku
antara lain penggaris, rol meter, dan pita meter
pada alat ukur, satuan baku yang digunakan
sentimeter (cm) dan meter (m)
untuk mengukur panjang baku, pensil atau kuas digunakan penggaris.
untuk mengukur penjang meja, bambu, atau besi digunakan rol meter
untuk mengukur lingkar pinggang digunakan pita meter.
dalam pengukuran panjang terdapat hubungan antara meter dan sentimeter setiap panjang 100cm sama dengan 1 meter atau dapat ditulis
untuk mengukur panjang baku, pensil atau kuas digunakan penggaris.
untuk mengukur penjang meja, bambu, atau besi digunakan rol meter
untuk mengukur lingkar pinggang digunakan pita meter.
dalam pengukuran panjang terdapat hubungan antara meter dan sentimeter setiap panjang 100cm sama dengan 1 meter atau dapat ditulis
1 m = 100 cm
C. membandingkan dan mengurutkan berdasarkan
panjang benda
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu:
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu:
·
membandingkan 2 benda atau lebih
·
menggunakan benda dari yang
terpanjang
·
mengunakan benda dari yang
terpendek
·
menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan panjang benda
·
sebelum membandingkan panjang
benda, benda harus diukur panjangnya terlebih dahulu
27 cm
19
cm
gunting lebih panjang 8 cm
pisau lebih pendek 8 cm
PENGUKURAN BERAT
A. mengukur berat benda
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu:
gunting lebih panjang 8 cm
pisau lebih pendek 8 cm
PENGUKURAN BERAT
A. mengukur berat benda
tujuan pembelajaran
setelah mempelajari sub bab berikut siswa diharapkan mampu:
·
menggunakan timbangan sederhana
untuk menentukan berat benda
·
mengukur berat benda menggunakan
satuan tidak baku (kelereng, batu, atau benda lain)
·
menentukan berat benda dengan
satuan yidak baku
dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai benda
berbagai ukuran.
ada yang vear dan ada yang kecil.
ada yang berat dan ada yang ringan.
kamu dapat menunjukkan benda yang berat atau ringan, bukan?
contoh benda ringan: kapas, pensil, dan kertas
contoh benda berat: batu besar, seember air, dan meja
benda-benda dapat dibandingkan beratnya dengan cara mengangkat.
selain dengan mengangkat, berat benda dapat diukur menggunakan timbangan
ada yang vear dan ada yang kecil.
ada yang berat dan ada yang ringan.
kamu dapat menunjukkan benda yang berat atau ringan, bukan?
contoh benda ringan: kapas, pensil, dan kertas
contoh benda berat: batu besar, seember air, dan meja
benda-benda dapat dibandingkan beratnya dengan cara mengangkat.
selain dengan mengangkat, berat benda dapat diukur menggunakan timbangan
Timbangan dalam miring kekanan
Timbangan dalam keadaan seimbang.
Mengukur berat menggunakan satuan tidak baku
Dalam menimbang benda dapat menggunakan ukuran satuan
tidak baku.
Kamu bisa menggunakan satuan kelereng, kerikil, bola,
atau benda lain.
Perhatikan contoh berikut.
Jadi, berat kantong 10 kelereng
timbangan dalam keadaan seimbang.
Berat 1 wafer besar seimbang dengan berat 6 wafer
kecil.
Jadi, berat 1 wafer 6 wafer kecil
B. mengukur berat menggunakan sataun baku
Tujuan pembelajaram
Setelah mempelajari subbab berikut, kamu dapat:
· Menyebutkan
berbagai jenis timbangan (alat ukur berat) dan kegunaannya.
· Menyebutkan
satuan berat baku yang digunakan
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan berat benda
Alat ukur biasa disebut timbangan
Perhatkan gambar dan
nama-nama timbangan berikut
Untuk mengukur berat benda dengan tepat, sebaiknya
digunakan timbangan yang sesuai Misalnya:
·
Timbangan pasar untuk menimbang
telur, gula, dan tepung dalam jumlah yang tidak banyak.
·
Timbangan roti untuk menimbang
buah, telur, dan tepung
·
Timbangan gantung untuk menimbang
sekarung beras, sekarung kedelai, dan benda yang berat
·
Timbangan berat badan untuk
menimbang berat benda kita.
·
timbangan neraca untuk menimbang
benda-benda yang sangat ringan, seperti cincin, kalung, emas, dan perak.
Satuan
berat yang baku antara lain gram dan kilogram.
sumbernya : http://meldamandasari24.blogspot.com/
0 Response to "PENGUKURAN WAKTU kelas 2 SD"
Posting Komentar