BILANGAN CACAH dan LAMBANGNYA kelas 1 SD


MATERI KELAS I SD
BILANGAN CACAH DAN LAMBANGNYA

Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif, yaitu {0, 1, 2, 3 ...} ... Dengan kata lain himpunan bilangan asli ditambah 0. Bilangan cacah selalu tidak bertanda negatif.
BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10
Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan bilangan 5
Membilang atau menghitung secara urut 1-5
Menyebutkan banyak benda 1-5
Membandingkan dua kumpulan benda 1-5
Membaca dan menulis lambang bilangan 1-5

1). Membaca lambang bilangan
Lambang bilangan
1
2
3
4
5
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima

2) Menulis lambang bilangan
1 pensil diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
                                    2 pensil diwarnai
Tulis lambing bilangan 2 dibukumu
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
Membilang loncat sampai dengan bilangan 5

Contoh :
Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
Satu       dua      tiga      empat      lima
1             2         3            4             5

Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 5
Menyatakan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan operasi penjumlahan dan  pengurangan.

Contoh :
        Satu bolpoin ditambah satu bolpoin sama dengan dua bolpoin
1 + 1 = 2
        Lima balon dikurangi empat balon sama dengan satu balon
5 – 4 = 1
        Menerjemahkan bentuk sistem operasi penjumlahan dan pengurangan
Membaca dan menggunakan symbol “+, - , dan =”

Penjumlahan
            a) Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain
                Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
                1 +  2 = 3
           

            b) Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan (komutatif)
                Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
                1 + 2 = 3
                2 + 1 = 3
            c) Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar adalah bilangan 5
            d) Menyelesaikan soal cerita sederhana

Contoh :
Ani mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil umi sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil umi sekarang 5

Pengurangan
             a). Mengurangkan satu bilangan dari  bilangan lain (1 sampai dengan 5)
lima apel dikurangi tiga apel sama dengan 2 apel
5 – 3 = 2
             b). Mengenal bilangan nol melalui pengurangan
                 satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
             c).  Menyelesaikan soal cerita sederhana

Contoh :
Toni memiliki 3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
3 – 1 = 2
Balon Toni yang tidak meletus adalah 2 balon

Penjumlahan dan Pengurangan
               a) Menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
         
    b) Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh :
yudi mempunyai lima balon
balon itu diberikan kepada doni 2
berapa balon yudi sekarang?
5 – 2 = 3
Balon yudi sekarang 3
              c) Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2

Menghitung dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
Membilang atau menghitung secara urut
Contoh : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
Menyebutkan banyak benda yang berjumlah sampai 10
Membandingkan dua kumpulan benda
Membaca dan menulis lambang bilangan 1-10

1)  Membaca lambang bilangan
Bacalah dari kanan ke kiri
Lambang bilangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima
Enam
Tujuh
Delapan
Sembilan
Sepuluh

2)  Menulis lambang bilangan 1 – 10
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
Membilang loncat sampai dengan 10
Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar 10-1
Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 10
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan

Contoh :
                          Lima wortel di tambah satu wortel sama dengan enam wortel
5 + 1 = 6
                          Enam mangga dikurangi  dua mangga sama dengan empat mangga
6 – 2 = 4
   Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk kalimat sehari-hari
   Membaca dan menggunakan symbol +, – dan =

Penjumlahan
          a) Menjumlah dua bilangan yang sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 + 2 = 3 buku
          b) Menjumlah dua bilangan yang tidak sama
contoh:
delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 + 2 = 10 pisang
          c) menjumlah dua bilangan satu angka
contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
         d) menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
         e) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ayam betina rina 3
ayam jantan rina 1
berapa jumlah ayam rini?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam rina 4

Pengurangan
         a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain
contoh :
enam melon dikurangi dua melon sama dengan empat melon
6 – 2 = 4
         b) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun
         c) menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
10 dan 5
       d) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
Siti mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa telur Siti sekarang ?
Jawab :
8 – 3 = 5
Telur Siti sekarang adalah 5 telur











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BILANGAN CACAH dan LAMBANGNYA kelas 1 SD"

Posting Komentar