BILANGAN CACAH dan LAMBANGNYA kelas 1 SD
MATERI KELAS I SD
BILANGAN CACAH
DAN LAMBANGNYA
Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif,
yaitu {0, 1, 2, 3 ...} ... Dengan kata lain himpunan bilangan asli
ditambah 0. Bilangan cacah selalu tidak bertanda negatif.
BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10
Menghitung
dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan bilangan 5
Membilang
atau menghitung secara urut 1-5
Menyebutkan
banyak benda 1-5
Membandingkan
dua kumpulan benda 1-5
Membaca
dan menulis lambang bilangan 1-5
1). Membaca
lambang bilangan
Lambang
bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis
lambang bilangan
1
pensil diwarnai
Tulis
lambang bilangan 1 dibukumu
2
pensil diwarnai
Tulis
lambing bilangan 2 dibukumu
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
Membilang
loncat sampai dengan bilangan 5
Contoh :
Membilang loncat
2 dari lambang bilangan 1
Satu dua tiga empat lima
1 2 3 4 5
Mengurutkan
sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
Menjumlah dan
mengurang bilangan sampai dengan 5
Menyatakan
masalah sehari-hari yang berhubungan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan.
Contoh :
Satu bolpoin ditambah satu bolpoin sama dengan dua bolpoin
1
+ 1 = 2
Lima balon dikurangi empat balon sama dengan satu balon
5
– 4 = 1
Menerjemahkan
bentuk sistem operasi penjumlahan dan pengurangan
Membaca
dan menggunakan symbol “+, - , dan =”
Penjumlahan
a) Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang
lain
Satu apel ditambah dua apel sama
dengan tiga apel
1 + 2
= 3
b) Mengenal
sifat pertukaran pada penjumlahan (komutatif)
Satu apel ditambah dua apel sama
dengan tiga apel
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c) Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya
diketahui terbesar adalah bilangan 5
d) Menyelesaikan soal cerita sederhana
Contoh
:
Ani
mempunyai dua pensil
Ia
membeli lagi tiga pensil
Berapa
pensil umi sekarang?
2
+ 3 = 5
Pensil
umi sekarang 5
Pengurangan
a).
Mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain (1 sampai dengan 5)
lima
apel dikurangi tiga apel sama dengan 2 apel
5
– 3 = 2
b).
Mengenal bilangan nol melalui pengurangan
satu ikan dimakan satu ikan
sisanya tidak ada
1
– 1 = 0
c).
Menyelesaikan soal cerita sederhana
Contoh :
Toni
memiliki 3 balon
balon
itu meletus 1
berapa
balon yang tidak meletus
3
– 1 = 2
Balon
Toni yang tidak meletus adalah 2 balon
Penjumlahan
dan Pengurangan
a) Menjumlahkan dan mengurangi dengan
bilangan nol
contoh
:
1
+ 0 = 1
1
– 0 = 1
2
+ 0 = 2
b) Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
contoh
:
yudi
mempunyai lima balon
balon
itu diberikan kepada doni 2
berapa
balon yudi sekarang?
5
– 2 = 3
Balon
yudi sekarang 3
c) Mengingat penjumlahan dan pengurangan
sampai dengan 5
contoh
:
2
+ 1 = 3
4
– 1 = 3
5
– 3 = 2
Menghitung dan
mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
Membilang atau
menghitung secara urut
Contoh
: 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
Menyebutkan
banyak benda yang berjumlah sampai 10
Membandingkan
dua kumpulan benda
Membaca dan
menulis lambang bilangan 1-10
1)
Membaca lambang bilangan
Bacalah dari
kanan ke kiri
Lambang
bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
Enam
|
Tujuh
|
Delapan
|
Sembilan
|
Sepuluh
|
2)
Menulis lambang bilangan 1 – 10
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur
Membilang loncat
sampai dengan 10
Mengurutkan
sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar 10-1
Menjumlah dan
mengurang bilangan sampai dengan 10
Menyatakan
masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh
:
Lima wortel di tambah satu wortel sama dengan enam wortel
5
+ 1 = 6
Enam mangga dikurangi dua mangga sama dengan empat mangga
6
– 2 = 4
Menerjemahkan
bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk kalimat sehari-hari
Membaca
dan menggunakan symbol +, – dan =
Penjumlahan
a) Menjumlah dua bilangan yang sama
contoh
:
satu buku
ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 + 2 = 3 buku
b) Menjumlah dua bilangan yang tidak sama
contoh:
delapan pisang
ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 + 2 = 10
pisang
c) menjumlah dua bilangan satu angka
contoh
:
2 jambu ditambah
5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
d) menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya
terbesar 20
e) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh
:
ayam
betina rina 3
ayam
jantan rina 1
berapa
jumlah ayam rini?
3
+ 1 = 4
Jumlah
ayam rina 4
Pengurangan
a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain
contoh
:
enam
melon dikurangi dua melon sama dengan empat melon
6
– 2 = 4
b) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan
cara bersusun
c) menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh
:
pasangan
bilangan yang berselisih 5
5
dan 0
6
dan 1
7
dan 2
8
dan 3
9
dan 4
10
dan 5
d) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh
:
Siti
mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa
telur Siti sekarang ?
Jawab
:
8
– 3 = 5
Telur
Siti sekarang adalah 5 telur
Sumbernya :https://pendidikanmatematika315.wordpress.com/2017/03/25/bab-1-bilangan-cacah-dan-lambangnya/
0 Response to "BILANGAN CACAH dan LAMBANGNYA kelas 1 SD"
Posting Komentar